Definisi Social Media
Beberapa defenisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai social media sbb:
- Social media merupakan bentuk pemanfaatan aplikasi berbasis web dan teknologi mobile untuk menciptakan komunikasi kedalam bentuk dialog yang bersifat interaktif
- Social media merupakan media dimana anda dapat menyalurkan atau menyebarkan informasi kepada orang lain secara online
- Social media merupakan salah satu sarana komunikasi secara online diabad ini dengan memanfaatkan teknologi internet, aplikasi web dan perangkat mobile
- Social media merupakan media dimana masyarakat jaman ini dapat dengan mudah berbagi informasi, konten, data kedalam koneksi jaringan mereka (yang kemudian membentuk social network)
Berdasarkan defenisi tersebut maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
- Media social telah merubah paradigma berfikir masyarakat terhadap media saat sebelum adanya jaringan internet dan setelahnya.
- Wadah utama dari social media saat ini adalah jaringan internet
- Sebelum adanya internet media social disajikan secara statis kepada masyarakat melalui media televisi, radio, surat kabar, tabloid yang memanfaatkan media kertas dan media elektronik yang bersifat statis.
- Media social saat ini telah menjadikan media internet sebagai media utama sehingga dapat menyajikan beragam konten informasi yang bersifat dinamis dan User Generated Content yaitu kemampuan pengguna untuk turut serta menambah konten secara aktif dan ikut berpartisipasi didalamnya.
Berdasarkan social media landscape tahun 2011 menunjukan bahwa hanya dua buah media social utama yang menjadi pusat dari semua social media didunia yaitu google (www.google.com) dan facebook (www.facebook.com), hal ini disebabkan hampir semua social media di internet menjadikan kedua media tersebut sebagai media tambahan didalam layanan mereka.
Defenisi Social Network
Keberadaan social media dengan jumlah pengguna internet sedunia beserta relasinya masing, menciptakan sebuah jaringan (network). Hal ini memunculkan sebuah istilah yang dikenal dengan social network (jaringan sosial), berikut beberapa defenisi dari social network :
- Social network merupakan sebuah struktur social didalam dunia internet, dimana didalamnya terdapat banyak pengguna yang terhubung dan berdiskusi sesuai dengan minat mereka masing-masing
- Social network merupakan teknologi pendukung media social yang mana berfungsi untuk menghubungkan pengguna satu sama lain
- Social network merupakan jaringan yang terbentuk oleh adanya komunikasi antara pengguna social media di internet
- Social network merupakan bentuk dari hubungan antara para pengguna jaringan komputer (social media di internet) kedalam bentuk ketertarikan yang sama untuk hobi, topik dan pemikiran.
Perbedaan Social Media dengan Social Network?
Untuk memudahkan pemahaman serta mencegah adanya penyamaan atau penyalah gunaan istilah keduanya maka berikut perbedaan mendasar social media dengan social network :
- Social media menjadi media untuk menciptakan koneksi antara pengguna komputer dan jaringan, sedangkan social network menjadi alat (jaringan) yang memperkuat koneksi antara pengguna melalui minat, passion, ketertarikan pada suatu hal yang sama (yang tersedia di dalam social media)
- Didalam komunikasinya, social media memiliki jenis komunikasi satu arah (one way communication), sedangkan social network memiliki komunikasi dua arah.
- Social media membantu untuk menyediakan komunikasi dengan para pengguna internet searah dan umum, sedangkan social network meningkatkan komunikasi dengan para pengguna internet tersebut secara lebih pada satu atau beberapa pengguna, diskusi (conversation) menjadi kunci utama didalam komunikasi ini.
- Social Media menekankan pada status (apa yang diposting/input di social media), sedangkan social network menekankan pada peningkatan dari status di social media tersebut.
- Social media lebih kepada sebuah media (wadah) untuk membantu pengguna internet untuk dapat berbagi informasi, konten digital, dan data ke seluruh pengguna internet. Sedangkan pada social network lebih ditekankan pada hubungan melalui jaringan(network)
- Waktu respon social media tidak secepat didalam social network, contohnya komentar pada sebuah postingan social media akan diperoleh secara bertahap, begitu juga respon komentar dari penulis postingan, namun pada social network mengingat sifat komunikasi dua arah dan jaringan/komunitas (minat yang sama) sehingga respon komentar akan lebih cepat diperoleh.
Kategori Utama Social Network
Berdasarkan tulisan pada (http://socialnetworking.lovetoknow.com/What_Types_of_Social_Networks_Exist), terdapat 7 buah kategori untuk social network, yaitu :
- Social connection
- Multimedia sharing
- Profesional Social network kategori ini di khususkan untuk para pekerja dan profesional yang memiliki keahlian, minat dan bidang kerja yang sama maupun berbeda, fitur utama pada kategori ini berupa menu untuk menambah relasi berdasarkan kesamaan minat, pekerjaan maupun keahlian, pesan/chating sebagai media komunikasi. Contoh : linkedin (http://linkedin.com), classroom (http://classroom20.com), nurse connect (http://nurseconnect.com)
- Informational Social network kategori ini dikhususkan untuk saling berbagi informasi kepada khalayak umum maupun sesama member pada suatu komunitas, fitur umum berupa pencarian, dan posting informasi. Contoh : super green me (http://supergreenme.com), HGTV discussion forum (http://broads.hgtv.com), do it your community (http://diychatroom.com)
- Educational Social network ketegori ini dikhususkan untuk membantu proses pendidikan atau pembelajaran, fitur-fitur umumnya berupa penyedia materi, ruang kelas virtual, jadwal pembelajaran, maupun video conference. Contoh : the students room (http://thestudentroom.co.uk), the math forum (http://mathforum.org/students), epal school blog (http://epals.com)
- Hobbies Social network kategori ini dikhususkan untuk para pengguna dengan hobby yang sama, untuk dapat berdiskusi dan berbagi, fitur utama berupa forum diskusi, blog untuk berbagi dalam bentuk artike digital, sharing dan update informasi dan berita. Contoh : oh my bloom (http://ohmybloom.com), my place at scrapbook (http://scrapbook.com/myspace), sport shouting (http://sportshouting.com)
- Academic Social network ini dikhususkan untuk tujuan akademis (guru, dosen peneliti, termasuk siswa dan mahasiswa), fitur utama berupa fasilitas pencarian, upload, view categori jurnal, media menulis paper dan jurnal, integrasi jaringan social. Contoh : academia (http://academia.edu), mendeley (http://mendeley.com), research gate (http://researchget.net), my open archive (http://myopenarchive.org), scribd (http://scribd.com)
Social network kategori ini dikhususkan untuk melakukan koneksi dengan teman, keluarga maupun kenalan dengan siapapun di internet, fitur-fitur utama meliputi pertemanan, pesan (chat), membuat dan bergabung ke group,
Contoh : facebook (http://facobook.com), twitter (http://twitter.com), google plus (https://plus.google.com), myspace (http://myspace.com)
Social network ini dikhususkan untuk berbagi file-file multimedia, file multimedia tersebut berupa gambar, audio, dan video melalui internet, fitur utama meliputi upload, download, sharing, komentar dan rating.
Contoh : youtube (http://youtube.com), flickr (http://flickr.com), picasa (http://picasa.google.com)
Contoh : facebook (http://facobook.com), twitter (http://twitter.com), google plus (https://plus.google.com), myspace (http://myspace.com)
Social network ini dikhususkan untuk berbagi file-file multimedia, file multimedia tersebut berupa gambar, audio, dan video melalui internet, fitur utama meliputi upload, download, sharing, komentar dan rating.
Contoh : youtube (http://youtube.com), flickr (http://flickr.com), picasa (http://picasa.google.com)
Seiring dengan perkembangan teknologi juga berpegaruh pada perkembangan social media, saat ini social media dikategorikan kedalam 27 kategori utama :
Referensi : Lutfi, Salkin. 2016. Presentasi Komputer dan Masyarakat.- Blog dan micro web Kategori ini menawarkan kepada pengguna internet layanan yang memudahkan dalam membuat artikel online, berbagi pengetahuan dan informasi, multimedia kedalam wadah berbentuk blog
- Wiki Kategori ini menyediakan layanan berupa media dokumentasi terorganisir dengan format yang disebut dengan wiki.
- Citizen jurnalism portal Kategori ini menekankan kepada layanan informasi berita dalam bentuk portal dimana pengguna secara pasif membaca dan secara aktif menjadi penulis.
- Video sharing Kategori ini menekankan pada layanan informasi berbentuk video, dimana pengguna dapat ikut serta aktif mengupload video. Contoh : youtube (http://youtube.com), metacafe (http://metacafe.com), viddler (http://viddler.com), blip.tv (http://blop.tv.com), vimeo (http://vmeo.com).
- Picture sharing Kategori ini menekankan pada layanan untuk berbagi gambar digital kepada seluruh pengguna internet Contoh : flickr (http://flickr.com), zooomr (http://zooomr.com), instagram (http://instagram.com), smugmug (http://smugmug.com), digg (http://digg.com)
- Link sharing Kategori ini membantu pengguna dalam berbagi link artikel, video maupun kontern digital lainnya. Contoh : delicious (http://delicious.com), digg (http://dig.com), technorati (http://technorati.com), stumble upon (http://stumbleupon.com), reddit (http://reddit.com).
- Music sharing Kategori ini mengkhususkan kepada layanan berbagi musik kepada para pengguna Contoh : last.fm (http://last.fm), ilike (http://ilikemusic.com), pandora (http://pandora.com), odeo (http://odeo.net)
- slideshow Sharing Kategori ini dikhususkan kepada pengguna untuk berbagi file presentasi, dokumen digital, bahkan video presentasi. Contoh : slideshare (http://slideshare.net), authorstream (http://authorstream.com)
- Product feedback sharing Kategori ini menekankan kepada layanan informasi mengenai suatu produk yang dijual melalui e-commerce yang memerlukan feedback suatu produk Contoh : crowd strom (http://crowdstrom.co.uk), style hive (http://stylehive.com), get satisfaction (http://getsatisfaction.com)
- Forum Kategori ini menekankan pada layanan diskusi yang memudahkan pengguna dalam membahas suatu topik dan memperoleh pengetahuan didalamnya Contoh : phpbb (http://phpbb.com), vbulletin (http://vbulletin.com), phorum (http://phorum.org), SMF (http://simplemachines.org)
- Video forum Kategori ini dikhususkan untuk pengguna dalam mendiskusikan topik atau masalah terkait video, contoh : seesmic (http://seesmic.com)
- Instant messaging (IM) Kategori ini menekankan pada layanan komunikasi chating antar pengguna Contoh : yahoo messenger (http://messenger.yahoo.com), windows live messenger (http://microsoft.com), meebo (http://meebo.com), aol (http://aol.com), trillian (http://trillian.com)
- Voice over internet protocol (VOIP) Kategori ini menekankan kepada layanan telepon berbasis teknologi voip (komunikasi suara maupun video). Contoh : skype (http://skype.com), google talk (http://google.com/hangouts), yahoo messanger (http://messanger.yahoo.com), jajah (http://jajah.com)
- Social networking Kategori ini menekankan pada layanan jaringan social yang membentuk keterhubungan social secara online Contoh : orkut (http://orkut.com), facebook (http://facebook.com), myspace (http://myspace.com), bebo (http://bebo.com), hi5 (http://hi5.com), mindtalk (http://mindtalk.com)
- Niche social networking Kategori ini menekankan pada layanan social network dengan sedikit lebih sederhana dan khusus Contoh : linked in (http://linkedin.com), ning (http://ning.com), crowdvine (http://crowdvine.com)
- Micro publication Kategori ini menekankan pada layanan penyedia layanan publikasi skala kecil secara online, publikasi berupa tulisan atau dokumen digital, maupun file gambar dan video Contoh: twitter (http://twitter.com), plurk (http://plurk.com), identi.ca (http://identi.ca), seesmic (http://seesmic.com), twitxr (http://twitxr.com), tweetpeek (http://tweetpeek.com)
- Social agregation Kategori ini menekankan pada pengumpulan (agregation) beberapa buah konten dan profil beberapa jaringan sosial lainnya kedalam sebuah alamat atau lokasi tujuan, umumnya berupa video namun ada jg berupa dokumen maupun foto dan audio Contoh : freendfeed (http://friendfeed.com), socialzr (http://socialzr.punchbowl.com), social thing (http://lifestream.aol.com), lifestream.fm (http://lifestream.fm)
- Livecast hosting Kategori ini menekankan pada penyedia hosting secara livecast (langsung) sebagai bentuk layanan streaming multimedia pada jaringan internet Contoh : justin.tv (http://justin.tv), blogtv (http://blogtv.com), ustream (http://ustream.tv), blogtalkradio (http://blogtalkradio.com)
- Mobile equivalent Kategori ini menekankan pada layanan untuk kemudahan didalam bersosialisasi baik dalam betuk teks, audio, video, dan broadcast terutama mobile phone. Contoh : flixwagon (http://flixwagon.com), livecast (http://livecast.com)
- Virtual word Kategori ini menyediakan layanan berupa dunia virtual bagi para pengguna internet yang ingin bergabung didalamnya maupun dapat membuat sendiri dunia virtual sesuai keinginan pengguna, contoh : second life (http://secondlife.com)
- 3D chat Kategori ini menawarkan fitur komunikasi berbasis teks (chating) dalam bentuk 3D yang lebih menawan. Contoh : habbo hotel (http://habbo.com), imvu (http://imvu.com)
- Virtual universe Kategori ini menekankan pada bentuk layanan dunia semesta virtual bagi pengguna untuk mendapatkan hiburan diwaktu senggangnya, contoh : stardoll (http://stardoll.com), club pinguin (http://clubpenguin.com)
- Social gaming Kategori ini menekankan pada layanan bermain bersifat sosial yang melibatkan sosialisasi antar pemain, contoh : doof (http://doof.com)
- Casual gaming Kategori ini memberikan layanan permainan casual, yaitu permainan yang dapat dimainkan bersama-sama dan sesuai dengan casual (selera) pengguna, contoh : pogo (http://pogo.com), bell (http://ferryhalim.com/orisinal/g3/bells.html), congregate (http://kongregate.com), echo genesis (http://echogenesis.com), hight (http://ferryhalim.com/orisinal/g3/hight)
- Social network enable game Kategori ini menawarkan layanan tambahan berupa permainan dengan berbasis social network yang diusungnya, artinya game yang terinclude kedalam sebuah media sosial, contoh : three rings (http://threerings.net), sng (http://sng.com)
- Massively multiplayer online (MMO) Kategori ini menawarkan layanan untuk bersama-sama memainkan permainan yang disediakan dijaringannya, yang disebut dengan multiplayer online game, contoh : neopats (http://neoteps.com), gaia online (http://gaiaonline.com) , kart rider (http://kartrider.gamescool.com), drift city (http://driftcity.gamescampus.com), mapple story (http://maplestory.net)
- Massively multiplayer online role playing game (MMORPG) Kategori ini sama seperti layanan MMO namun, pada kategori ini berbagai peran, latar belakang, karakter maupun tokoh fiktif yang dapat dijalankan secara bersama-sama, contoh : word of warcraft (http://us.battle.net), age of conan (http://www.ageofconan.com), the lord of the rings (http://lotwo.com), final fantacy (http://playonline.com/ff11us/index.shtml)
Contoh : wordpress (http://wordpress.com), blogger (http://blogger.com), typepad (http://typepad), b2evolution (http://b2evolution.net), scribefire (http://scribefire.com)
Contoh : wikipedia (http://wikipedia.com), wikia (http://wikia.com), wetpaint (http://wetpaint.com), pbwork (http://pbworks.com), twiki (htpp://twiki.org), wikispaces (http://wikispaces.com)
Contoh : digg (http://dig.com), newsvine (http://newsvine.com), live joural (http://livejournal.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar